WELCOME DOWNLOAD TEMPLATE TOKO ONLINE

Wednesday, November 12, 2008

Tips Memilih Monitor LCD

Tips Memilih Monitor LCD

Monitor LCD menawarkan sejumlah keuntungan jika dibandingkan dengan monitior “tabung kaca” CRT konvensional. Panel LCD memberikan area viewable efektif yang lebih besar ketimbang CRT, sebuah LCD 15” Secara potensial sebanding dengan CRT 17”. Karena LCD menggunakan pengalamatan langsung untuk tampilannya (setiap pixel dalam gambar berhubungan dengan sebuah transistor), LCD menghasilkan gambar presisi tinggi. LCD tidak mengalami masalah umum tampilan CRT seperti pincushion (bentuk seperti bantal jarum ), distorsi barrel (tong), atau error konvergensi (hallo disekitar sisi objek onscreen).

Pastikan Anda memakai kriteria berikut jika Anda mempertimbangkan untuk membeli sebuah monitor LCD:

· Evaluasi panel tersebut buka pada resolusi aslinya ataupun resolusi dimana Anda berencana memakainya.

· Jika Anda mempertimbangkan sebuah panel LCD digital, tentukan apakah video card milik Anda mendukung fitur yang Anda perlukan. Fitur yang mungkin Anda perlukan meliputi OpenGL dan dukungan 3D kecepatan tinggi (untuk game), dukungan VGA-ke-TV (untuk pembuat video), dan software playback DVD (untuk menonton film DVD). Karena kebanyakan video card mild-range dan high-end berbasis chipset NVIDIA dan ATI terakhir memang menawarkan port DVI untuk koneksi dengan panel LCD digital saat ini dan yang akan datang, maka Anda dapat meng-upgrade ke video card dengan performa tinggi yang akan mendukung tampilan Anda. Walau beberapa komputer notebook sekarang mendukung tampilan DVI, kebanyakan masih hanya menyediakan konektor VGA analog.

· Carilah tampilan yang mendukung baik input analaog maupun DVI jika Anda ingin menggunakan tampilan yang sama pada sistem yang berbeda. Panel LCD jauh lebih ringan dan lebih kecil daripada tampilan CRT normal, karena itu menjadi pilihan untuk koneksi ke komputer desktop maupun notebook. Jika Anda meggunakan banyak komputer dalam area kerja yang kecil, Anda mungkin juga perlu mencari tampilan yang mendukung banyak input,yang memampukan Anda untuk menghubungkan dua komputer ke satu layar.

· Pastikan sistem Anda memiliki slot ekspansi yang tepat untuk jenis video card yang direkomendasikan. Banyak sistem low-cost saat ini menampilkan video AGP onboard tapi tidak memiliki slot AGP, sehingga tidak bisa di-upgrade kecuali user memilih slot PO (untuk video) lama. Karena perpindahan ke panel LCD terus berlanjut, makin banyak sistem-sistem ini yang seharusnya menampilkan dukungan built-in untuk tampilan LCD, tapi hal ini bisa merupakan masalah untuk beberapa saat mendatang.

· Evalusai kinerja panel dan combo card pada video dan animasi jika Anda bekerja dengan video, program presentasi animasi, atau game.

· Walau monitor LCD active-matrix (analaog) digital memiliki area viewing yang lebih luas ketimbang panel LCD passive-matrix dan dual scan yang dipakai pada komputer notebook low-cost, sudut pandang itu biasanya masih lebih kecil ketimbang CRT. Ini merupakan pertimbangan yang penting jika Anda berencana menggunakan monitor LCD Anda untuk presentasi kelompok.

· High-contrast ratio (perbedaan domain antara putih dan hitam) menghasilkan teks yang lebih tajam dan warna yang lebih hidup. CRT biasanya memiliki rasio kontras sekitar 245:1. Walau panel LCD memiliki kisaran rasio kontras dari yang rendah 186:1 sampai yang tinggi 370:1, panel LCD yang lebih baru bahkan memiliki rasio kontras yang lebih tinggi (sampai 400:1). Panel bisa dilihat pada sudut horizontal rata-rata sampai senilai 129o tanpa kehilangan kontras.

· Fitur seperti speaker terintegrasi dan proses Universal Serial Bus (USB) merupakan tambahan yang menyenangkan, tapi mata Andalah yang harus membuat keputusan final mengenai panel mana yang terbaik untuk Anda. Karena review panel LCD sering tidak memberikan analisis detail mengenai sudut pandang horizontal dan vertikal dan rasio kontras, maka periksalah unit tampilan ditoko. Pastikan untuk melihat tampilan tersebut dari banyak sudut. Jika Anda menambahkan panel itu sebagai tampilan kedua, pastikan untuk men-cek kualitas gambar off-axis-nya.

· Carilah tampilan pivoting yang memungkinkan Anda memutar tampilan tersebut sampai ke layout halaman tegak, jika Anda menggunakan komputer untuk mengedit teks atau layout halaman. Fitur ini didukung oleh banyak panel LCD khususnya yang 17” atau lebih besar tapi performa tampilan pada mode portrait biasanya lebih rendah ketimbang dalam mode landscape normal,khususnya untuk gerakan yang lebih cepat. Jika memungkinkan tes tampilan dalam mode portrait jika Anda berencana sering mengunakan mode ini.

[matur nuwun to ramdani nazaruddin]

0 komentar: