WELCOME DOWNLOAD TEMPLATE TOKO ONLINE

Thursday, November 6, 2008

Mempercepat Windows Anda

Mempercepat kinerja Windows XP

Ini ada beberapa cara untuk mempercepat kinerja Windows XPmu,tetapi sebenarnya masih banyak lagi cara lainnya, tapi itu semua mungkin akan saya tulis pada artikel lainnya:

  1. Jangan pake gambar bertipe *.bmp jadi wallpapermu, soalnya bikin startup jadi lamban.
  2. Ilangin semua animasi, bisa pake cara, klik kanan My Computer, Properties, ato lebih cepatnya tekan tombol Windows+Pause Break, pilih tab Advanced, Performance, klik Setting, di tab Visual Effects pilih Adjust for best performance, ato pilih Use drop shadows for icon labels on the desktop biar iconnya ada drop shadowsnya, kalo masih pengen pake visual style, pilih Use visual styles on windows and buttons. Klik OK.
  3. Masih di tab Advaced System Properties, Klik Error Reporting, pilih Disable error reporting.
  4. Defrag your harddisk, tapi jangan sering2.
  5. Kurangi Startup, caranya masuk ke System Configuration Utility (Windows+R, ketik msconfig), pada tab Startup, kurangi aplikasi-asplikasi yang ga perlu.
  6. Enable boot defragment, ini kalo ga salah buat mempercepat proses startup juga. Caranya masuk ke registry editor (Windows+R, ketik regedit), cari value:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Dfrg\BootOptimizeFunction

Edit Enable jadi Y. Oh iya, sebelumnya backup dulu registermu, caranya masih di Register editor pilih My Computer, klik File, Export, namai file, misal myregbackup, simpan ke lokasi yang diinginkan.

  1. Jangan hapus page file saat shutdown, ini biar waktu shutdown jadi lebih cepet. Caranya,masuk ke register editor, Cari lokasi:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management

Ubah nilai ClearPageFileAtShutdown menjadi 0.

  1. Matikan service yang ga perlu. Ini juga biar shutdown jadi cepet. Jalankan Services Computer Management Console, caranya ketik services.msc di Run (Windows+R) tekan enter. Ni beberapa services yang bisa km matiin: Portable Media Serial Number, Task Scheduler, Uninterruptible Power Supply, Automatic Updates, Telnet, Wireless Zero Configuration Services (kalo km pake WiFi jangan dimatiin)
  2. Percepat menu, masuk ke registry editor, cari:

HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\MenuShowDelay

nilai awalnya 400 ubah menjadi 0.

  1. Enable Auto End Task, masuk ke registry editor, cari nilai:

HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop\AutoEndTasks

ubah nilai menjadi 1.

  1. Dan masih banyak lagi cara lainnya, ditunggu aja ya

Oh iya, setelah mengubah register, jangan lupa untuk restart, untuk melihat perubahan, ato cara yang lebih cepat untuk melihat perubahan, masuk ke Task Manager (Ctrl+Alt+Del), masuk tab Processes, pilih proses explorer.exe, klik End Process (ga usah kaget kalo tiba-tiba taskbar n icon ilang), trus klik File, New Task (Run…), ketik explorer. Banyak jalan menuju ke Roma.

Selain cara itu, sebenernya banyak software tweak buat mempercepat xp, misalnya TweakUI, TuneUp Utilities, Winner Tweak, dsb. Silakan dicoba. Mungkin itu dulu, nanti kalo ada yg baru aku posting lagi.

0 komentar: