WELCOME DOWNLOAD TEMPLATE TOKO ONLINE

Sunday, November 2, 2008

Google Hacking

Mengamankan Situs Anda Dari Serangan Google Hacking

Disini saya akan memberikan beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengamankan situs Anda. Apa yang disampaikan di sini tidak hanya berlaku untuk Google Hacking melainkan berbagai aktivitas hacking lainnya.

Tapi sebelumnya apa yang saya sampaikan di sini bukan berarti situs Anda telah aman 100%. Boleh dibilang ini hanyalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau membatasi tindakan hacking. Sehingga akan memperkecil kesempatan situs Anda dihack oleh seseorang.

Berikut beberapa item yang perlu Anda cermati:

Install dan gunakan selalu software update atau patch keamanan yang terbaru. Lakukan hal ini baik terhadap program aplikasi maupun system operasi.

Gunakanlah tools filtering yang berfungsi untuk mengurangi penyusupan.

Jangan menyimpan informasi yang sensitive dalam server tanpa menerapkan autensifikasi yang jelas. Aturlah pemakaian setiap file dengan baik. Misalnya, Guest tidak diizinkan untuk mengakses file administrator.

Apabila memang tidak diperlukan, jangan menyimpan informasi sensitive di internet.

Sebisa mungkin menonaktifkan directory browsing, jika Anda tidak bias melakukannya. Mintalah pada teman yang lebih ahli.

Jika memungkinkan, nonaktifkan pula akses webserver mengunakan anonymous.

Kalau bias, gantilah halaman eror default dengan modifikasi sendiri. Sebab halaman eror juga sering memberikan infomasi tambahan yang sensitive.

Jika Anda yang membuat source code dari sebuah situs, sebaiknya diperiksa dan diuji terlebih dahulu. Apakah ada kelemahan atau tidak.

Pakailah file robots.txt. Dengan cara ini maka web crawler akan diarahkana mengikuti pengecualian yang ada pada sintaks robot tersebut. Untuk informasi lebih lanjut And adapt membaca di situs: http://www.robotstxt.org/wc/norobots.html.

Jika Anda memang ingin supaya Google menghapus sebuah halaman dari indeks Google. Anda dapat melakukannya dengan mengajukan pada: http://www.google.com/remove.html

Khusus bagi para user, untuk mengamankan data dan informasi diri Anda dari aktivitas hacking. Selain dengan memperhatikan beberapa hal di atas, berikut dalah beberapa tambahan lain:

Jangan gunakan password yang sama dengan account Anda

Jangan gunakan password yang sama untuk layanan yang berbeda.

NB :“Matur nuwun to Effy Zam Kerinci (Google Hacking)”

1 komentar:

rayleigh said...

ada no yg bisa di hubungin ga??? sy minta no pliz kirim k email mafriz_maniac@yahoo.com....tq